Rindunya Kegiatan Bulan Ramadhan Saat Masa Kecil

Sabtu, 23 Mei 2020

Banyak hal yang berubah di Ramadhan tahun ini. Yups tepatnya setelah pademi, banyak kegiatan-kegiatan diluar rumah yang harus dibatasi. Yah, walau kegiatan ku kalo keluar rumah sebenernya cuma kerja sama main doang kalo kepengen sih! 

Pembatasan kegiatan ini pun nggak luput saat bulan Ramadhan tahun ini. Yang biasanya sholat tarawih berjamaah di masjid deket rumah jadi dilakukan di rumah sendiri-sendiri. Yang biasanya grup whatsapp rame karena banyak undangan buka bersama sekarang jadi sepi anyep dan milih buka puasa virtual lewat video call.

Kalau flashback ke jaman kanak-kanak atau masa kecil, pasti banyak banget momen-momen di bulan Ramadhan yang dirindukan. Misalnya sholat tarawih berjamaah bareng keluarga dan saudara. Tentunya yang paling dirindukan dan ditunggu ya setelah bulan Ramadhan karena dapet angpao dari sanak saudara hehehe..

Banyak kegiatan pula yang biasa dilakukan selama bulan suci ini pada masa kecil. Apa aja sih? Yuk lanjut bacanya..


Tadarus Keliling
Source: google
Salah satu kegiatan yang aku rindukan waktu SD nih! Sebenernya ini kegiatan rutih di sekolahku sih waktu SD. Kebetulan SDku waktu itu SD islam jadi mengadakan tadarus keliling setiap bulan Ramadhan. Tadarusnya dimana? Bisa di rumah temen sekelas, kakak kelas ataupun adik kelas yang rumahnya cukup dan setuju buat dipakai acara ini.

Kegiatan tadarus keliling baru ada setelah aku kelas 4 SD. Sebelum ada kegiatan ini tadarusku di musholla deket rumah bareng saudara-saudaraku. Kalau diinget-inget, rindu banget sama kegiatan Ramadhan satu ini karena bisa sekalian main ke rumah teman-teman yang belum pernah aku kunjungi hehe..


Pondok Ramadhan
Source: google
Pernah nggak kalian mengikuti kegiatan pondok ramadhan di sekolah? Banyak sih kegiatan saat pondok ramadhan ini, mulai dari tadarus bareng, buka bersama, sholat berjamaah, dan menginap di sekolah beberapa hari bareng temen-temen. Jadi rindu masa-masa kecil ya?


Minta Tanda Tangan Imam Setelah Sholat Tarawih
Source: google
Pernah dong waktu tarawih bawa-bawa buku dan pulpen? Yups, apalagi kalau nggak untuk mengisi buku kegiatan selama Ramadhan yang ada tanda tangan imam atau penceramah saat sholat tarawih. Selain itu dibuku kegiatan bulan Ramadhan biasanya juga isian untuk ceramah pada waktu sholat Subuh atau Magrib. Kalau jaman sekarang, kira-kira kegiatan mengisi buku kegiatan ramadhan ini masih ada nggak ya? 


Main Petasan
Pada waktu masih kecil pasti ada beberapa diantara kalian yang suka main petasan nih. Apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri, udah mulai nggak kehitung deh bunyi 'dor dor dor'. Kalau aku dulu paling suka main petasan sepulang sholat tarawih dan sukanya main kembang api sama petasan banting. Kalau kalian ada juga nggak yang suka main petasan? Eits, tentunya tetep dalam pengawasan orang tua loh ya!


Takbiran Keliling Pakai Obor
Source: google
Malam takbiran adalah malam yang ku nanti-nanti. Aku sangat antusias karena di kampungku ada pawai obor setiap malam takbiran. Jadi aku dan teman-teman akan takbiran berkeliling desa sambil membawa kentungan dan obor. Obor ini dibuat dari bambu yang di dalamnya sudah ada minyak dan sumbu. Jaman sekarang udah jarang banget sih tradisi seperti ini, bahkan mulai tergantikan dengan takbiran memakai sound yang besar-besar.


Ada yang rindu juga sama kegiatan-kegiatan selama bulan Ramadhan pada masa kecil nggak? Kalau kalian paling rindu sama kegiatan apa nih? Coba tulis di kolom komentar di bawah yaaa!

Oh iyaa.. semoga pademi ini juga segera berakhir agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala ya, aamiin...

3 komentar:

  1. Yang paling diinget waktu kecil itu main petasan di lapangan.. Tp pas lg gak ada petasan, sukanya ngelaporin orang yang main petasan ke pak ustadz. haha

    Btw salam kenal ya mbak, saya Blogger dari Jogja..

    BalasHapus
  2. Seru ya kalau ingat masa lalu, kadang jadi bikin semangat, kadang malah jadi bikin tambah sedih. Nice blog, btw. Salam kenal ya :)

    www.luciaberta.com

    BalasHapus
  3. Kenangan paling berkesan itu rasanya waktu tarawih malah sibuk main sendiri sama teman2. Biasanya kejar2an sih hahaha *anaknakal*. Dan sekarang (maksudnya jaman sekarang, sebelum corona), ternyata banyak juga terjadi. Ternyata anak-anak sama saja ya di jaman apapun hehehe. Salam kenal ya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Silahkan meninggalkan jejak di bawah ini :)